Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Pandangan Islam Tentang Politik

Sebenarnya materi kita tentang "Saatnya Remaja Ngomong Politik" saya belum mau bahas malam ini. Pekan lalu saya sudah siapkan satu tema yang sangat keren. Tapi...

Mengingat akhir-akhir ini makin banyak fakta didepan mata tentang problematika umat, yang sangat disayangkan kalau teman-teman semua khususnya remaja tidak ikut andil dalam memberi solusi.

Harapan saya, setelah Sharing Night kita mlm ini, teman-teman semua khususnya remaja/pelajar bisa menjadi Agent Of Change. Siap!???

Pentingnya politik untuk dipahami


Bdw... Udah pada tahu gak nih, apa berita yang sedang viral beberapa hari ini?
Kira-kira menurut teman-teman semua berita yang sedang viral sekarang tentang apa?

Yah, begitu banyak pristiwa politik yang melanda negeri kita saat ini. Bagaimana dan apa yang ada dibenak kalian jika melihat ada seorang remaja yang memposting berita tentang politik atau berita yang kini viral, seperti RUU HIP.


Menurut anda, bagaimana pandangan kalian terhadap remaja seperti itu ? Kalau aku sih, Dia pelajar yang luar bisa.

Disaat kebanyakan pelajar sibuk dengan pelajarannya, gimana agar nilainya baik, atau gimana agar cintanya diterima. Tapi ini kok malah lain, dia ngomong tentang sesuatu yg boleh jadi level Mahasiswa gak mau bahas. Bodoh amat, Bukan urusan gue, Terserah mereka aja lah.

"emang ada yg kayak gitu"
Buanyakkk..

Teman-teman, bdw...disini ada gak yang masih duduk di bangku SMA? cukup komen dgn kata "saya".

Dan buat teman-teman yang sudah alumni, apa masih ingat pelajaran sewaktu masih duduk dibangku SMA dulu? Saya pribadi masih sangat ingat tentang pelajarannya.  Saat itu masih kelas X/XI SMA. Di mata Pelajaran Agama Islam, bab tentang DEMOKRASI ISLAM.

Ada yang pernah dapat materi diatas?
Klo ada, bisa jadi kita seangkatan. Maybe no maybe yes. Tahu gak, klo materi tentang DEMOKRASI ISLAM itu adalah pelajaran tentang Politik, tapi politik demokrasi. BUKAN politik Islam.

Jadi, tanpa sadar remaja sekarang sudah dididik sejak sekolah tentang Politik Demokrasi. Mereka 'DIPAKSA' utk menerima ide demokrasi. 'Dipaksa' utk menerima bahwa ini loh sistem politik yg benar.
Anda harus bangga dengan Demokrasi.

Apakah Anda menyadari hal ini????
Dulu, saya nerima gitu aja. Kenapa??.
Belum Ngaji tentang Islam Kaffah. Masih Islam keturunan. Belakangan saya baru paham klo Islam juga mengatur juga tentang politik. Hebat kan?

Lalu, seperti apa dan bagaimana sih politik dalam Islam itu? Dan apa pentingnya remaja ngomong politik??

Masih pada semangat gak nih? Materinya ini sedikit agak serius yah.

Oke, pernah nggak sih kalian dengar kata " nggak usah deh ngomong politik, islam tuh nggak berpolitik" pemikiran atau kata-kata tersebut sangatlah salah, karena islam bukan hanya mengatur urusan akhirat, tetapi islam mengatur seluruh alam (rahmatan lilalamin) termaksud politik sekalipun.

Tahukah anda, bahwa islam pernah memimpin dunia hampir 10 abad lamanya, dengan ⅓ belahan dunia. Waww... Sistem apa yang di pakai ?? Yah, sistem islam (syariat islam) yang berlandas pada Al-Qur'an dan As-sunnah.

Jika ada yang bilang politik itu hanya canda tawa, hanya pembodohan, kotor, dan hal negatif lainnya. Yah, itu hal yang benar. Namun, mungkin benar bagi politik masa kini. Tapi, untuk politik islam tidak lah demikian.

Dapat dilihat dari berkembangnya begitu banyak koruptor, membeludaknya tindak kejahatan, rakyat yang diterlantarkan, uang suap dan masih banyak lagi. Bukanlah kepentingan ummat yang diutamakan, melaingkan kepentingan suatu kelompok atau pribadi masing-masing.

Yah, wajar saja kalau masyarakat terbentuk pola pikir kalau politik itu sesuatu yang menakutkan dan sebuah hal yang buruk. Itu wajar, karena pada faktanya demikian.

Sangat miris juga kalau ada yang mengaku dirinya islam, akhlak yang baik, senantiasa mentadabburi Al-Qur'an, namun sangat anti terhadap politik, bahkan berfikiran kalau politik sesuatu yang haram. Benarkah demikian ??

Baca Juga:

jalan kesuksesan dunia akhirat

Bagaimana sebenarnya pandangan Islam tentang Politik itu?


lebih lanjut, Haruskah kita ikut serta dalam aktivitas politik, atau justru meninggalkannya?

Politik dalam Islam adalah sesuatu yang ada dan WAJIB untuk turut serta dalam aktivitas politik.

Apa itu aktivitas politik dalam islam ?

Politik adalah segala aktivitas yang terkait dengan pengaturan urusan masyarakat (ri'ayah syu'un al-ummah), baik yang terkait dengan kekuasaan (as-sulthân) sebagai subyek yang melakukan pengaturan urusan masyarakat secara langsung, maupun yang terkait dengan urusan umat sebagai obyek yang melakukan muhasabah terhadap aktivitas dalam mengatur urusan masyarakat.

Bentuk Dakwah Politik Islam

Misalkan, melakukan perjuangan politik (al-kifâh as-siyâî), seperti mengkritik penguasa yang menjadi pelayan kepentingan Barat, mengkritik kebijakan penguasa yang menjalankan agenda neoliberalisme, dsb.

Kenapa Politik Islam Penting ??

1. Karena dakwah politik inilah yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. selama 13 tahun di Makkah.

Rasulullah saw. waktu itu melakukan perjuangan politik dengan mengecam para pemimpin Quraisy, membongkar kejahatan dan rencana mereka yang bertujuan untuk menghancurkan dakwah Islam.

Rasulullah saw. juga melakukan perang pemikiran (ghazwul fikri) atau pertarungan pemikiran (as-shirâ' al-fikrî) dengan menyerang ide kufur, misal ide menyukutukan Allah (syirik), mencela penyembah berhala, mencela kecurangan dalam menimbang dan menakar, mencelah perbuatan membunuh anak-anak karena takut miskin, dsb.

Dengan demikiran, Melaksanakan dakwah islam, sesungguhnya adalah aktivitas meneladani Rasulullah Saw. sebagai uswatun hasanah yang diwajibkan Islam atas kaum Muslim. [lihat QS. Al-Ahzab.33:21]

2. Karena Dakwah politik inilah yang relevan dengan masalah utama (qâdhiyah mashîriyah) umat Islam sekarang.
Masalah utama umat adalah mengambil hukum yang diturunkan oleh Allah Swt. dengan menegakkan kembali syariat.

Dengan hukum Islam dapat diterapkan secara kaffah. Yang merupakan tujuan utama diturunkannya Al-Qur'an.
[lihat QS. 2: 185]

 Jadi, sekarang teman-teman sudah paham kan kenapa kita harus bicara tentang politik Karena politik sejatinya adalah dakwah untuk kepentingan umat.

Kesimpulan

1. Berpolitik itu hukumnya wajib, tapi politik Islam bukan yang lain. Namun tak ada salahya belajar tentang politik selain Islam, sekdar untuk diketahui bukan untuk diamalkan. Melainkan untuk dijelaskan letak kekeliruannya.

2. Dalam Kitab Siroh Nabawiyah disebutkan bahwa Rasulullah Saw adalah seorang politikus ulung (ahlih dalam berpolitik). Maka bagaimana mungkin seorang muslim yang katanya ingin mencontoh Nabi Saw tapi alergi dengan kata 'Politik'?

3. Inti dari politik adalah Dakwah yang bertujuan untuk mengurusi umat.

Jadi bukan sembarang dakwah. Klo dakwahnya hanya bahas tentang ibadah mahdah seperti sholat, puasa dan zakat, maka ini jauh dari politik.

Dakwah yang dimaksud adalah dakwah tentang bagaimana agar umat ini bisa hidup sejahterah? Bagaimana agar umat bisa terbebas dari penjajahan, baik fisik mau pun pemikiran.

Dakwah tentang bagaimana pengelolaan SDA dinegeri ini. Dakwah tentang bagaimana agar ditengah masyarakat tak ada lagi kriminalitas. Dst...

4. Pentingnya memikirkan urusan Umat (politik)

5. Politik Islam adalah solusi dari seluruh problem yang terjadi saat ini.

Oke, mungkin itu saja materi tentang politik dalam islam dan mengapa kita harus berpolitik. Semoga ini dapat membuka wawasan kita lebih luas lagi, jika ada kritik ataupun saran dari teman-teman silahkan tinggalkan di komentar atau inbox langsung.

Baca juga:

Tujuan mempelajari ilmu pendidikan islam

Post a Comment for "Bagaimana Pandangan Islam Tentang Politik"