Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Naskah Drama Singkat 2, 3, 4 Orang Pemain

 

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagi beberapa contoh naskah drama pendek beserta sinopsis. Membuat sebuah karangka karangan sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit, namun bukan juga hal yang mudah. Itu bisa dengan mudah jika sudah terbiasa membuatnya.

Secara umum, drama memiliki beberapa unsur didalamnya. Mulai dari naskah drama, pemain, panggung dan juga penonton. Nah, dari ke-4 unsur itu, unsur primer yang tak tergantikan adalah naskah drama. Jika tidak memiliki naskah drama, tentunya sulit bahkan tidak akan ada pertunjukan drama.

Contoh Naskah Drama Singkat 2, 3, 4 Orang Pemain

Namun, pertunjukan drama masih dapat dilakukan dengan tanpa panggung, tanpa penontin, tanpa pemain. Dengan bentuk closed drama. Didalam closed drama tersebut , naskah drama itu dibuat hanya semata mata untuk dibaca dan tidak dipentaskan.

Pada kali ini dalam pembuatan contoh kerangka naskah sederhana dari drama. Ketika kita ingin membuat naskah drama, banyak hal yang perlu diperhatikan oleh penulis terutama naskah mandiri. Sehingga, sangat perlu mempelajari tentang penulisan dari berbagai sumber.

Hal yang dapat dilakukan, semisal senantiasa membaca buku tantang teknik dalam penulisan yang baik, bagaimana naskah teater dibuay oleh penulis, mempelajari naskah-naskah teater yang pernah dipentaskan, menonton berbagai pertunjukan teater atau drama.

Ada beberapa langka yang seharusnya ada dalam naskah drama, baik itu tema, pristiwa penting, masalah (permasalahan), komplikasi, sampai ketahap penyelesaian cerita. Langsung saja kita masuk ke contoh naskah drama pendek 2,3,4 orang.

Baca Juga :  6 Tips MEngatasi Grogi didepan Umum

Contoh Naskah Drama Pendek Beserta Sinopsis

Drama Singkat Tentang Persahabatan

Tema : Nasehat Dari Sahabat

Tokoh : 4 orang

Pemain : Afif, Aksa, Muhlis, dan Sultan.

Latar :

a. Tempat : Kampus

b. Waktu : Pagi Hari

Sinopsis :

Afif, Aksa, Muhlis, dan Sultan adalah 4 orang sahabat yang senantiasa bersama dan menghabiskan waktu disekolah menengah atas. Ke-4 orang tersebut mempunyai nama comunitas, takni "Alias Dakwah". Seperti pada namanya, pasti kelompok tersebut adalah kelompok yang positif. Yakni kelompok yang senantiasa mengemban dakwah, sehingga senantiasa saling menasehati dalam kebaikan.

Namun, pada suatu waktu mereka mulai sibuk dengan pekerjaan masing-masing yang pada akhirnya aksa sudah mulai tersesat dan bergaul dengan orang yang selalu bermaksiat. Sehingga, ke-3 sahabat yang mengetahui kabar tersebut mulai menyusun rencana agar mereka dapat berkumpul bersama. Suatu waktu, mereka semua bertemu. Aksa pun dinasehati oleh ke-3 sahabatnya. Mulailah diingatkan pada masa lalu, kembali dikuatkan aqidah dan tauhid. Akhirnya, Aksa pun sadar bahwa apa yang ia perbuat adalah hal yang salah. Aksa pun kembali sadar dengan jati dirinya dahulu.

Dialog :

Muhlis : Nggak lama lagi yah, kita sudah mau tamat SMA.

Afif : Iya yah... Kita sudah mau kuliah.

Aksa : Hmm.. Btw, kalian mau masuk jurusan apa ??

Afif, Muhlis : Jurusan Kedokteran.

Sultan : Kalau saya sih, apapun yang jelas lulus dulu.

Aksa : Wah, semangat yah !!!

Afif, Muhlis, Sultan : Kalau kamu ??

Aksa : kayaknya saya kerja langsung deh, soalnya saya nggak mau ngerepotin orang tua, apalagi kondisi mereka sudah susah. 

Ber-3  : Wah, luar biasa.. Semangat mas bro.

Aksa : Makasih sahabatku.

Mereka pun lulus sesuai harapan...

Afif : Alhamdulillah, Teman-teman saya lulus dijurusan kedokteran.

Aksa : Mantap pak dokter !!

Muhlis : saya pun lulus dikesehatan masyarakat loh...

Sultan : saya juga lulus di statistika.

Ber- 3 : Kamu ??

Aksa : Emang dari awal saya nggak mau kuliah, jadi mungkin saya merantau saja ke Makassar.

Ber-3 : Aksa, Aksa, Aksa, ... Kamu serius (dengan perasaan terharu). Semoga kita sukses semua yah.

Aksa : Aamiin...

Semua pun masuk ke kampusnya masing-masing dan sibuk...

Muhlis : eh... Kawan, tau nggak kalau Aksa pernah di tangkap oleh polisi !!

Sultan, Afif : Haa ?! Apa ! Jangan bercanda deh.

Muhlis : Iaa.. Kebetulan ditangkap oleh om saya karena memakai lem. Katanya om ku, ia salah bergaul.

Afif : Jadi sedih ya.. Mengigat dia itu dulu orangnya sangat baik.

Sultan : betul banget.

Muhlis : Ayo deh, kapan-kapan kita bisa kumpul dan menasehati dia.

Afif, Sultan : Kapan yah ?!?!

Hingga, mereka pun bertemu. Membicarakan berbagai hal, hingga menyadarkan Aksa tentang jati dirinya.

 

  Contoh Naskah Drama 2 Persahabatan

By; Rizky Wulandari

Tema : Nasehat Dari Sahabat

Tokoh : 2 Orang 

Pemain : Amel dan Feli

Latar : 

  • Tempat : Sekolah dan rumah Amel
  • Waktu : 2015

Sinopsis :

Amel dan Feli adalah sahabat. Mereka selalu bersama seperti layaknya bintang dan bulan di langit malam.  2015 mereka sedang melakukan persiapan untuk ujian kelulusan dan masuk universitas. Mereka berdua sangat menentukan persiapan tersebut, namun semangat Amel seketika hancur ketika mendengar kabar ibunya pergi mendahuluinya.  

Amel  sangat terpukul dengan kepergian ibunya, karena hanya ibunya yang ia miliki. Ayahnya sudah pergi terlebih dahulu ketika ia berumur lima tahun. Kejadian ini berdampak besar bagi mental Amel, yang dulu sangat rajin belajar dan sangat bersemangat untuk melakukan sekolahnya ke Universitas. Sekarang,  Ia hanya terus mengurung diri di rumahnya tanpa ada gairah untuk bersekolah. Melihat hal itu Feli datang menghibur Amel.  

Tidak mudah membuat Amel untuk mau kembali bersekolah dan belajar, Namun Feli tidak menyerah. Iya terus menasehati Amel dan membuat semangatnya kembali. Felly mengatakan Amel tidak boleh terus terpuruk, dia harus bersekolah untuk membanggakan orang tuanya di sana. Akhirnya Amel pun kembali menemukan tujuan hidupnya dan kembali bersekolah dengan semangat berkat nasehat dari sahabatnya tersebut.

Drama Singkat Tentang Guru

Tema : Guruku Idolaku

Tokoh : 4 Orang

Pemain : Aksa, Afif, Jamil, dan Ilham.

Latar :

a. Tempat : Sekolah.

b. Suasana : Sedih, gembira.

c. Waktu : Pagi Hari.

 

Sinopsis :

Cerita ini dimulai ketika siswa kelas 12 SMA yang memiliki guru yang cukup galak atau bahasa kerennya guru killer. Hampir sama siswa yang ada di kelas dan diajar oleh guru bahasa Inggris ini merasa Tertekan. Apalagi siswa yang memang dasarnya sudah nakal. Hingga akhirnya siswa nakal di salah satu kelas yang bernama Aksa, Afif, Jamil dan Ilham merasa membenci guru ini karena setiap jam pelajarannya selalu dihukum atas tidak mengerjakan PR.  

Mereka kesal dan membuat rencana untuk menjahilinya, dengan Mengganti spidol ke tinta permanen, Berbicara saat ia mengajar, sengaja menumpahkan air ke buku guru tersebut, akhirnya Aksa tidak sekolah karena sakit. Ketiga temannya yang Selalu menjahili gurunya akhirnya bersama-sama Pergi ke rumah Aksa  untuk menjenguknya. Bukan hanya sahabatnya yang pergi menjenguknya, tapi guru yang selalu memarahinya ketika ia melakukan kesalahan juga pergi ke rumahnya untuk menjenguknya dan membawa buah tangan. 

Sehingga, Aksa pun sadar dan nangis kalau apa yang pernah ia lakukan adalah suatu hal yang salah. Temannya pun yang bersembunyi di balik pintu rumah  juga ikut sadar. Karena mereka semua  mengaku salah, dia pun berjemur di atas terik matahari. Sehingga pada saat pembelajaran gurunya itu menyadari, bahwa ada 4 orang yang tidak hadir dalam pembelajarannya gurunya pun mencarinya dan diberitahu bahwa siswanya berjamur.  Akhirnya, terjadilah saling meminta maaf dan Hari itu pula mereka semua adalah bahwa Apa yang dilakukan oleh gurunya itu adalah untuk kebaikannya sendiri.


Drama Singkat Tentang Dilema

Tema : Si Sombong yang Kesepian

Tokoh : 3 Orang (Luna, Ica, dan Ika)

Latar

  • Tempat : Perkampungan dan Ibukota
  • Waktu : 2020

Sinopsis :

Luna, Ica dan Ika sudah lama bersahabat. Mereka tumbuh bersama di suatu kampung di pinggir kota. Suatu ketika di tahun 2020 orang tua Luna pindah ke ibukota untuk memulai suatu usaha toko bangunan. Luna pun ikut bersama orang tuanya, selama Luna di ibukota dia masih tetap berkomunikasi dengan sahabatnya yaitu Ica dan Ika. 
Ternyata, 5 tahun kemudian usaha orangtua Luna menjadi sukses Dan Luna hidup berkecukupan, namun hal itu berdampak buruk bagi sikap Luna dengan hidupnya sekarang membuat Luna lupa diri dan melupakan Ica dan Ika. Ia tidak segan-segan mengolok-ngolok sahabatnya, Bahwa mereka hanya orang kampung yang miskin. Akhirnya, persahabatan mereka pun hancur, namun di luar dugaan, Luna pun dijauhi oleh teman-temannya di sana, karena ia hanya ingin bergaul dengan anak-anak pengusaha juga. 
Sayangnya mereka tidak ingin berteman dengan Luna karena usaha orangtuanya tidak sepadan dengan usaha orang tua mereka, karena kesombongan itu ia menjadi sangat kesepian. Iya tidak mempunyai teman dan sahabat yang sejak dulu selalu bersamanya pun pergi meninggalkan dirinya akibat sikap yang buruk. 

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai beberapa contoh naskah drama teater singkat yang dapat dipentaskan 2,3, atau 4 orang. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam pembelajaran.                                                                                          

Baca Juga : Nilai-Nilai Kehidupan dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk

Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "Contoh Naskah Drama Singkat 2, 3, 4 Orang Pemain "