Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Mengatasi Demam Panggung Atau Grogi

 Berbicara di depan umum dan di hadapan orang banyak bukanlah satu hal yang mudah, tetapi juga bukan suatu hal yang susah.  Sebenarnya Tergantung bagaimana kita memandangnya. Tak bisa dipungkiri bahwa, Setiap orang pasti pernah merasakan grogi ketika pertama kali berbicara di depan umum. Bahkan ada juga yang sampai berkali-kali merasakan hal tersebut. Mungkin andapun pada saat ini ingin merubah mental Anda yang dulunya selalu tampil kurang percaya diri menjadi pemberani ketika berbicara di depan umum, penulis akan mencoba merangkum beberapa hal yang dapat anda terapkan. Tapi, sebelum kita masuk ke pembahasan inti, baiknya kita mengenal lebih dekat mengenai penyakit demam panggung ini.

Ciri-ciri penyakit demam panggung

Rasa grogi, minder, atau takut ketika berbicara di depan umum merupakan penyakit yang ada dalam diri. Dalam hal ini saya menyebutkan dengan penyakit demam panggung. Oleh karena itu sebelum mengetahui resep untuk menghilangkannya, aku perlu diketahui terlebih dahulu ciri-ciri penyakit tersebut. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

  • Mulut mengering
  • suara bergetar
  • lutut dan tangan gemetaran
  • nafas tak beraturan
  •  detak jantung cepat
  •  wajah memerah dan
  •  panas pandangan hanya kepada satu arah
6 tips mengatasi demam panggungatau grogi

Penyebab demam panggung

Tak mungkin ada asap jika tak ada api. Begitulah kira-kira pepatah yang sering kita dengar berarti mungkin ada penyakit demam panggung tidak ada sebabnya. Entah Seperti apa sebabnya berikut sebab-sebab penyakit demam panggung :

  • Kurang pengalaman dalam penampilan di depan publik
  • Kurang bergaul
  • Kurang berkomunikasi dengan orang lain 

Baca Juga : Contoh Proposal Kegiatan Maulid Rasulllah

6 Tips Mengatasi Demam Panggung Atau Grogi

Setelah mengetahui ciri-ciri dan sebab sebab penyakit demam panggung yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat diketahui tips apa cara untuk menghilangkan demam panggung tersebut. Dan berikut ini tips menghadapi penyakit demam panggung :

Kuasai materi

Sebelum Tampil berpidato dan berbicara di depan publik,  persiapkanlah materi yang akan anda sampaikan dengan sebaik mungkin. Hayati, pahami, serta resapi materi yang anda sampaikan supaya materi tersebut benar-benar anda kuasai segala macam bentuknya.
 
Bila pidato anda dalam bahasa Arab atau Inggris dan anda belum mengetahui bahan tersebut dengan baik, maka cukup bagi anda untuk menghafalnya dan memahami maknanya. Hal ini akan mempermudah anda dalam berbicara di depan publik karena ketika anda tidak memiliki materi yang akan anda sampaikan, bisa demam panggung anda akan semakin menjadi-jadi.

Berlatih sebelum tampil

Setelah anda memiliki materi dan anda telah menguasainya, berlatih terlebih dahulu sebelum tampil. Semakin sering anda berlatih,  maka semakin semakin baik pula hasilnya. Fungsi latihan di sini sangatlah banyak.  Anda bisa menyesuaikan materi dengan waktu yang tersedia. Selain itu Anda juga dapat mengatur ekspresi atau mimik yang Anda gunakan ketika berpidato.
 Dalam berlatih Libatkanlah teman dekat anda untuk menyaksikan Anda berpidato. Selain untuk memberikan masukan serta kritikan, Anda juga akan semakin terbiasa berbicara di hadapan publik walaupun dalam forum yang kecil, tetapi akan sangat membantu dalam forum besar.

Percaya diri

Kembangkanlah rasa percaya diri Anda dengan baik.  Dalam hal ini anda dapat mencari figur inspirasi anda dalam berpidato. Jadikanlah figur tersebut sebagai motivasi bahwa Anda pasti bisa seperti mereka bila mereka. Bila mereka bisa. Mengapa anda tidak ?? Anda pasti bisa dan anda pasti akan jauh lebih hebat dari idola tersebut.

Tanam hal ini dalam jiwa Anda,  inspirasi ini dapat anda dapatkan dari teman Anda yang anda kagumi kehebatannya dalam berpidato atau mereka yang sering berbicara dihadapan umum,  bisa juga dari Ustaz atau guru yang mahir dalam berpidato. Bahkan, bisa juga anda dapatkan dari tokoh Da'i dan Da'i yah Kondang yang sering muncul di TV.  Hal ini tidak ada salahnya, justru akan semakin menambah semangat anda dalam kegiatan belajar.

Rileks (Santai)

Beberapa jam atau beberapa menit sebelum tampil biasanya rasa tegang akan muncul dalam diri Anda.  Ini merupakan hal yang sangat wajar, karena setiap manusia pasti akan mengalami hal yang demikian.  Namun, hal ini Jangan sampai mengganggu penampilan anda di atas panggung.  Apalagi anda telah berlatih keras tenaga dan menghafalkan materi sampai di luar kepala,  pasti semuanya akan menjadi sia-sia bila Anda tidak dapat menghilangkan ketegangan Anda tersebut.
 Dalam hal ini diperlukan relaksasi untuk menghilangkan ketegangan Anda tersebut. Relaksasi akan sangat membantu Anda agar lebih tenang dan tetap percaya diri dengan apa yang akan anda Tampilkan.  Relaksasi dapat anda lakukan dengan berwudhu, membaca Al Quran, mendengarkan lantunan Al-quran,  dan melakukan shalat.  Insyaallah ringan ini akan membantu Anda mengatasi ketegangan sebelum tampil.

Fokus dengan tujuan

Ketika sudah berada di atas panggung biasanya akan banyak suara dari para hadirin.  Ada yang menyoraki  Anda, ada juga yang mencoba menjatuhkan mental anda dengan kata-katanya. Bila anda terpengaruh dengan ucapan hadirin,  disitulah awal kekalahan anda dan bisa dipastikan pidato anda akan gagal berantakan. Oleh karena itu, fokus terhadap apa yang telah Anda persiapkan sangat diperlukan. Jangan hiraukan apa yang orang bilang, lakukan saja sesuai dengan Ketika anda sedang latihan.  Anggaplah anda sedang berbicara hadapan botol botol kosong, Sehingga anda merasa bebas dan tak ada yang mengganggu.

Jalan ke kanan dan ke kiri

Jika dalam pertengahan pidato anda merasa grogi muncul kembali dalam diri ada satu cara untuk menghilangkannya.  Dan cara ini cukup ampuh dalam mengatasi grogi tersebut, lakukanlah gerakan ke  kanan dan kekiri, bisa dengan berjalan atau melangkah kecil. Dengan melakukan hal tersebut,  Anda tidak akan terlihat gemetaran di atas panggung.  Selain itu hal ini juga dapat menjadi nilai lebih Pada penampilan anda.  Karena anda dapat menguasai panggung pertunjukan.

Pada dasarnya setiap manusia pasti memiliki rasa takut dalam dirinya.  Namun sebagai manusia yang berpikir dan memiliki akal,  maka kita harus bisa melawan rasa takut tersebut untuk hal-hal yang bersifat positif.  Mungkin itu saja beberapa hal yang dapat saya bagikan tentang cara mengatasi demam panggung, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi grogi di depan publik., semangat dan selamat mencoba.

Oleh: Farvin Sabilla Matin
 
Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "6 Tips Mengatasi Demam Panggung Atau Grogi "