Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Teknik Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berpidato Di depan umum

 

Sebelum masuk ke pada uraian lebih lanjut tentang teknik berpidato ada baiknya penulis terlebih dahulu menggunakan arti istilah yang dipergunakan dalam judul diatas untuk menyamakan pengertian agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Pengertian Pidato

Kata “teknik” yang dimaksud disini adalah cara atau metode sedang berpidato dimaksudkan adalah khutbah atau melahirkan isi hati atau mengutarakan buah pikiran dengan rangkaian kata-kata. Jadi, teknik berpidato bisa diartikan sebagai cara melahirkan isi hati atau mengutarakan buah pikiran dengan rangkaian kata-kata.

Sedang berpidato yang dimaksud adalah kegiatan seseorang untuk menyampaikan berbagai hal kepada orang lain di sekitarnya dengan harapan agar hati si pendengar tergugah karenanya, tergerak pikirannya kemudian tertarik hati nuraninya, ingin mengadakan pendekatan untuk amalkan apa yang didengarnya dan diterima disertai penuh kesadaran jiwa.

Media yang digunakan seseorang untuk menyampaikan berbagai hal kepada orang lain adalah menggunakan kata-kata sebagai alat. Banyaknya kata-kata yang dimiliki agar menambah kelancaran berpidato. Tanpa memiliki hal ini, maka dapatlah dipastikan adanya kesukaran dalam menyampaikan buah pikirannya.

Teori menyatakan, bahwa bangsa atau suku bangsa yang masih primitif, pada umumnya hanya memiliki ada lebih dari 200 kata kata dalam bahasa mereka. Itulah mereka tidak dapat berbicara banyak, sehingga sebagian besar isihati atau buah pikiran dilahirkan atau diutarakan dengan isyarat.

 Sebaliknya, bangsa atau Suku yang lebih maju, bukan hanya memiliki ratusan, tetepi ribuan, puluhan ribu, bahkan ratusan ribu banyaknya jumlah kata-kata dalam bahasa mereka. Dengan jumlah kata-kata yang dimiliki banyaknya akan memudahkan mereka mencari memiliki dan memakai kata-kata ya dikala berbicara. Dan menjadi ahli pidato harus memiliki kata-kata sebanyak mungkin.

12 Teknik Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berpidato


Baca Juga: Pengertian diskusi, pidato, dan teks cerita sejarah dan contohnya

Syarat yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berpidato

Syarat-syarat yang perlu dipersiapkan untuk menjadi lebih mempersiapkan diri agar memiliki syarat-syarat antara lain adalah pertama berpengetahuan luas, pribadi akhlak, jujur dan ikhlas, bijaksana dan sopan santun,  keberanian moral, kekayaan perbedaan  kata-kata, kecerdasan pikiran, meyakini dan menguasai tema, mengenal jiwa,  sikap yang menarik, bertanggung jawab.

 Dari syarat-syarat tersebut yang amat penting ialah ikhlas dan jujur seorang yang berpidato hendaknya membiasakan diri sikap ikhlas siapnya karena Allah semata bukan karena ingin memperoleh semangat pengabdian ikhlas dan jujur dalam menguraikan persoalan dan menggunakan setiap kata-kata. 

12 Teknik Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berpidato Di depan umum

Untuk menjadi seorang ahli pidato yang mahir dan profesional tidaklah mudah, namun hal dapat dicapai melalui beberapa tahapan sebagai berikut :

  1. Belajar

Pada umumnya yang berpendapat, bahwa kecakapan berbicara di hadapan umum adalah Allah, Hal ini sebagian ada juga sebenarnya.  memang ada orang yang lahir di rumahnya telah membawa bahkan bisa kapan berbicara, baik pergaulan maupun Dihadapan Masyarakat. Tetapi kebanyakan realita menunjukkan, bahwa segala kecakapan serta kepandaian, mustahil Dapat tercapai tanpa latihan terlebih dahulu. Realita ini berlaku bagi kecakapan dan kepandaian berbicara di hadapan umum.

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan, bahwa Percakapan berpidato dimuka umum itu bukan saja dapat dipelajari, bahkan juga wajib dipelajari. tentu saja di dalam mempelajarinya ada yang mudah dan cepat berhasil, Dan ada pula yang sukar dan lambat berhasil,  hal hal ini dengan sendirinya tergantung dari individu masing-masing.

Jika orang tersebut mempunyai bakat maka dalam waktu relatif ia dapat menjadi seorang yang ahli dan profesional Sebaliknya jika orang tersebut tidak mempunyai bakat maka ia dapat menjadi orang yang ahli dalam pidato dan Mahir sesudah mengalami proses belajar dan berlatih yang sudah cukup lama yang semuanya itu meminta ketekunan dan kesabaran terlebih dahulu.

   2. Berlatih

Kebanyakan mereka yang sudah berpidato menyampaikan latihan karena mereka merasa Cukup puas dengan kepandaian serta tahapannya hanya dengan pengalaman pidato beberapa kali saja sehingga mereka tidak dapat memerlukan waktu untuk melatih diri. perasaan yang dan latihan salah salah sama salah sama sekali. ibarat HP yang tidak pernah dicas pasti akan lowbat juga sehingga akan sulit untuk digunakan.

Persepsi orang yang pandai tidak usah belajar adalah hal yang sangat salah maka setiap orang yang mau bicara mengalami kesulitan Jika ia lalai melatih diri. Memang pidato adalah suatu hal yang menggembirakan dan Harga Diri menjadi taruhannya.

Berpidato dengan baik dan sempurna maka kita turun dalam podium akan disambut dengan pujian dan Sanjungan yang menggembirakan, Namun jika berpidato kita gagal maka kita akan turun Dan disambut dengan ejekan cacian dan dipermalukan.

Maka dari itu paling pertama adalah bersiap rapi mungkin sebelum memulai berpidato berlatihlah secara konsisten dan teratur serta asalnya materi yang akan disampaikan agar Kegagalan dapat dihindari dari sekarang.

   3. Berfikir

Hal yang harus kita persiapkan selain mempersiapkan kata-kata, juga usaha untuk Memperbesar dan melatih pola pikir kita. Walapun Persediaan Kata kita banyak tapi jika pola pikir kita lemah akan sangat sulit juga.  Jadi dapat diakui bahwa persediaan kata-kata itu salah satu faktor dari lancarnya kita berbicara Namun bukan Hanya itu faktor penentu tapi daya pikir dan daya menangkap adalah suatu hal yang perlu.

  4. Persiapan

Seseorang yang akan berpidato hendaknya selalu membiasakan diri untuk mengadakan persiapan lebih dahulu secara saksama dengan mengenai berbagai hal. Mulai dari cara berpakaian hingga berdiri di atas podium harus diperhatikan terlebih dahulu.

Apabila yang berpidato berhasil meraih Simpati pada permulaan berarti tugas yang berpidato berhasil 50% sedang yang 50% lagi akan ditentukan melalui berpidato tersendiri yang meliputi materi turut menentukan pula bagi keberhasilannya. Disamping itu ada hal yang penting harus dipersiapkan sebelum berpidato, Di antaranya persiapan fisik, kesiapan mental, dan persiapan teknis.

  5. Persiapan fisik

  • Kesehatan. Hendaknya diperhitungkan kesehatan pribadi orang yang akan berpidato mengingat gangguan kesehatan dapat mengganggu konsentrasi pikiran.
  • Pakaian. orang yang akan berpidato hendaknya menggunakan pakaian yang sopan.
  • Transportasi. Apabila tempat penyelenggaraannyaAcaranya jauh hendaknya diperhitungkan Baik-baik jangan sampai terlambat tiba di tempat tujuan yang akan menimbulkan sebuah kegelisahan para hadirin dan terutama kita dan pengundang.

  6. Persiapan mental

  • Tidak merasa rendah diri. Rasa rendah diri dapat mengganggu konsentrasi dan menghilangkan inspirasi jangan kalah sebelum bertanding. Namun demikian bukan berarti boleh sombong, sebab rasa sombong di samping perbuatan yang tidak terpuji juga hal yang dapat merusak konsentrasi serta mengaburkan arah tujuan berpidato sendiri.
  • Cara agar tampil lebih percaya diri ialah... pertama, Yakinlah dirinya bahwa ia harus mampu bertindak sebagai ahli pidato sebab berpidato itu adalah hal yang mulia dan takut berbuat amal mulia adalah suatu hal yang keliru. kedua, biasakan disiplin diri dalam beribadah dan berakhlak mulia.
  • Ikhlas, orang yang berpidato hendaknya membiasakan diri bersifat ikhlas teknik karena Allah semata Allah bukan karena ingin dipuji dan atau makhluk lain yang bertentangan dengan semangat dalam berpidato.
  • Jangan memperlihatkan kekurangan dan kelemahan memperlihatkan kekurangan dan kelemahan yang ada pada diri Anda bisa berakibat kurangnya percaya diri terhadap hadirin.


  7. Persiapan teknis

Seorang yang berpidato dituntut agar lebih dahulu menguasai masalah yang akan disampaikan, termaksud dalil-dalil yang akan diterangkan untuk memperkuat uraiannya. Janganlah mencoba naik ke podium mempersiapkan terlebih dahulu, karena di sana kegagalan lah yang akan menunggu kita dan kita akan kehilangan popularitas. Guna menghindari kegagalan, maka hendaklah catatan-catatan pokok pembicaraan.

Perlu kita ketahui bahwa pidato bermaksud atau mengandung salah satu dari empat tujuan dasar yaitu, menambah kesan atau keyakinan tentang sesuatu, menjelaskan persoalan mengenai sesuatu, mendorong orang agar berbuat atau bertindak, dan mengandung unsur berupa penghibur.
 

8. Sistematika

Sistematika dalam berpidato dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu bagian pendahuluan berisikan puji syukur dan keterangan pembuka dari Masalah yang dibahas.

Bagian batang tubuh, akan dikumpulkan oleh dalil-dalil yang berhubungan ditopang oleh faktor sejarah dan merupakan sumbangan utama dari orang yang berpidato.

Bagian kesimpulan atau penutup, berisikan berisikan mengingat pokok pikiran simpulkan atau doa dan permohonan maaf kepada hadirin.

9. Gaya dan gerak

Gaya ketika berbicara dan gerak berpidato adalah suatu hal yang penting dan patuh itu mendapatkan perhatian sama pentingnya seperti tekanan suara yang menarik . Pada hakikatnya nya gaya dan gerak tangan itu merupakan pertanda akan tetapi sebaliknya Janganlah dilakukan dengan dipaksa apa dibuat buat apa lagi hal ini digunakan terlalu banyak kelihatan akan membelikan.

Gaya dan gerak yang diakibatkan seperti selalu, Mengusap muka dengan sapu tangan, Memegang pensil, mencari bahan-bahan yang akan digerakkan dengan tidak teratur, dan gerakan lainnya hendaklah hal tersebut harus disingkirkan.

Dan Hal tersebut mengalihkan perhatian hadirin dari persoalan yang dikupas, berdirilah dengan tetap dan tenang di tempat berpidato, jangan berjalan kesana kemari tapi. Sederhanakanlah itu semua dari tingkah laku yang baik, jangan bersifat sombong, juga jangan sekali merendahkan diri.

Yang terbaik adalah yang baik gagak dan hendaknya selalu Simpati bagi para hadirin gimana semua itu adalah hal yang menambah baiknya rasa hormat mereka terhadap pembicara dan akibatnya semua pembicara akan mendapatkan sambutan yang baik.

10. Situasi

Situasi atau sebuah keadaan pertemuan juga merupakan faktor penting bagi suksesnya berpidato. Pembicara yang berpidato tanpa memindahkan situasi waktu berpidato sore, malam hari dan sifat pertemuan itu sendiri berakhir dengan kurang memuaskan atau mengalami sebuah kegagalan. Oleh karena itu, usaha dan tenaga yang diberikan tidak seimbang dengan hasil yang diperoleh jadi sesuai pembicaraan harus juga teratur menurut situasi dan kondisi.. jangan tertukar.

11. Suara

Suara yang dipakai hendaknya yang nyari apabila pertemuan berjalan dengan baik secara tenang dan lancar di mana setiap hadirin mendengarkan pidato dengan penuh perhatian maka tidaklah perlu Berbicara keras yang akan menghabiskan suara.

Disamping itu suara yang dipakai hendaknya sesuai dengan keadaan keuangan, apabila memakai stiker atau tidak, Apakah ruangan itu atau tidak, apabila menggunakan Speaker,  perlu diperhatikan jarak antar mulut pembicara dengan kelompok suara, harus mantap lancar tidak terlalu cepat dan tidak terlalu keras atau sebaliknya.

12. Humor

Seorang yang Pandai luar biasa Untuk berpidato tidak akan melupakan sebuah unsur yang menggambarkan isi dalam pidatonya, oleh karena itu banyak orang yang menghargai humor dalam suatu pembicaraan yang merupakan tuntutan dan kebutuhan dari sebuah keadaan, di mana Banyak sekali pengaruhnya terhadap siapa pun itu.

Umur merupakan obat yang da bawang merahpat memulihkan kembali situasi yang kepada situasi biasa, asalkan penggunaannya dipakai secara bijaksana dan penempatannya dengan yang baik. Karena tujuan dari berpidato adalah agar dapat mempengaruhi para hadirin, agar supaya usaha mencapai tujuan mendapatkan para hadirin maka humor sangat diperlukan. Tetapi, humor bukan hanya dipakai untuk melawan dan menuju senja menghilangkan hakikat dari bela pidato itu sendiri.

Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "12 Teknik Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berpidato Di depan umum"