Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-hal yang Sering Diabaikan Seorang Muslim dan Dianggap Sepeleh

 Bila kita cinta Allah, maka pastinya tak cukup hanya keyakinan semata, tapi harusnya ada ekspresinya dalam bentuk perbuatan, seperti ketaatan, kepatuhan atau pengorbanan. Sebaliknya, bila seseorang bilang cinta, tapi tidak mau untuk berkorban demi yang dicintainya, tidak ingin menyenangkan yang dicintainya, maka kita wajib bertanya-tanya, apakah cinta itu sungguhan?

Begitu pula mereka yang mencintai Allah, mengimani Allah, mereka selalu punya cara untuk menunjukkan ekspresi cintanya pada Allah. Yaitu dengan menaati setiap perintah yang Allah sampaikan kepadanya.
hal-hal yang sering diabaikan seorang muslim


Sesederhana itu Islam. Keimanan yang menuntut ketaatan pada syariat yang Allah turunkan. Sebagai konsekuensinya, Allah memberikan barakah pada mereka yang mau sesuai dengan fitrah penciptaannya.
 
Islam memberikan ruang bagi manusia untuk memutuskan sesuatu berdasarkan pengetahuan orang yang paling ahli diantara mereka. Dalam hal-hal yang bersifat benar-salah, ilmu pasti.

Tapi dalam urusan baik-dan buruk, atau pahala dan dosa, tentu tak ada satupun yang berhak untuk menentukan kecuali pemilik manusia, yaitu Allah Swt. Perkara yang baik adalah perkara yang Allah perintahkan, sedangkan perkara buruk adalah apa yang Allah larang.

Maka lihat para sahabat, ketika perang Badar dan Rasulullah memiliki rencana untuk perang, maka sahabat bertanya "Apakah ini wahyu, ataukah pendapat manusia?", ketika Rasulullah menegaskan bahwa itu bukan wahyu tetapi hanya pendapat manusia, maka sahabat itu pun mengatakan "Kalau ini pendapat manusia, saya punya strategi yang lebih baik", begitu

Akan tetapi bila itu berkaitan dengan wahyu, maka Rasulullah menegaskan, tidak ada tawar menawar, tidak ada negosiasi. Begitulah Rasulullah menegaskan kepada sahabat Umar ra ketika perjanjian hudaibiyah, dimana Umar masih mengganjal di hatinya atas keputusan Rasulullah.

Jadi singkatnya, hanya urusan baik dan buruk yang benar-benar harus hati-hati, agar diputuskan sesuai dengan kehendak Allah. Dalam urusan benar dan salah, maka diserahkan pada ahlinya, dan dalam urusan bagus dan jelek, maka boleh saja didiskusikan oleh semuanya.

Beberapa Hal Yang Dianggap Sepeleh Oleh Muslim

Sholat Berjamaah

Sobs, tau kan kalau kita mau sholat berjamaah tapi semuanya perempuan posisi imam dan jamaah adalah sejajar, satu baris. Terus kalau kita mau ikut dalam jamaah kita gak boleh berdiri sendirian di shaf kedua/seterusnya, nah kalau kasusnya kayak di video ini gimana? Udah telat, sendirian lagi emang dasar jomblo. wkwk

Tapi tenang sobs, kita bisa narik teman kita yang ada di shaf depan untuk mundur dan shalat sebaris dengan kita eits tapi jangan narik imamnya ya.

 Sedekah

Ada orang yang sibuk mengumpulkan harta untuk memperkaya diri sendiri, ada juga orang yang sibuk untuk menyelamatkan diri berharap hartanya dapat menolong di akhirat nanti

Sekarang tinggal kita mau berada di posisi yang mana.

 Hijrah & Istiqomah

Dasar botjah, dibilangin yang bener malah jadi dia yang sok bener. Hadeeeh, sabar ya teh Epi virtual puk puk

Orang ngingetin itu karna sayang, kalau yang ngingetin pernah berbuat demikian waktu dulu ya jangan diikutin, masasih kita mau ngikutin yang salah? Mau ikut-ikut merugi?

Coba deh nikmatin masa mudanya jangan yang bikin kamu nyesel kemudian hari
Mumpung masih muda, coba lakuin sesuatu yang bisa membuat kamu berterima kasih sama pilihan kamu sendiri di “kemudian hari”

Baca Juga: Motivasi Hijrah Cinta Seorang Muslimah

Santuy Belajar Ilmu Agama

“Ntaran dulu ah belajarnya” gitu katanya
Tapi sebenernya dia juga gak tau kapan mau belajarnya, apalagi ini soal ilmu agama

Berapa banyak diantara kita yang pernah belajar tata cara ngurusin jenazah? Mungkin banyak, tapi apa pernah diprektekkin? Jangan-jangan waktu praktek jaman sekolah aja, gak tau sekarang masih inget apa engga.
Atau pernah gak sih minimal punya keinginan buat ngurusin jenazah keluarga kita sendiri tanpa manggil orang lain untuk ngurusinnya? PR banget emang, tapi mau gak mau, suka gak suka kita harus tetep belajar.

Mikirnya orang-orang yang ngurus jenazah itu pasti orang-orang tua, jadi yaudahlah biar aja itu kan urusan orang tua, padahal kita juga bakal jadi orang tua, dan orang tua yang sekarang ngurusin jenazah mungkin bakal kita yang ngurusin

Eh tapi apa iya bisa kalau kita sendiri, sekarang ini gak mau belajar?

 Hargai Perbedaan yang Penting ada Dalil Kuat

Bukan mereka yang salah tapi bisa jadi ilmu dan hati kita yang sempit, gak mau duduk bareng ngobrol bareng biar bisa sama-sama paham perbedaan

Adem kan kalau sesama saudara gak saling menyalahkan?
Kan udah dibilang, selama perbedaan itu bukan dalam hal aqidah gak sepantasnya kita saling menunjuk siapa yang salah
Apalagi ada dalil kuat yang menyertainya, terus kita mau nyalahin? Memangnya siapa kita?

Santuy aja sobs, berbeda bisa jadi tetap indah kok, selow ya jangan marah-marah

Semoga kita semua dapat HIjrah dan Istiqomah dan terus belajar Ilmu agama Islam bersama-sama.

Akal, satu dari antara banyaknya karunia yang Allah berikan kepada manusia⁣
Manusia yang mempunyai akal sehat akan bisa mengambil manfaat dari wejangan dan petunjuk al-Quran⁣

Akal ini tentu akan dipertanggung jawabkan, sebab ia pemberian, titipan, makanya harus digunakan sesuai aturan pemiliknya
Ya, seharusnya⁣...
Tapi, manusia seringnya tak peduli, mengabaikannya, dan berakhir pada kesesatan yang nyata⁣ ada yang Mempermainkan agama⁣, Menertawakan syariat-Nya⁣, Memperolok Nabi⁣, Sampai mengatakan bahwa Tuhan adalah konspirasi⁣.

Allah berikan kepada kita otak lengkap dengan akal, informasi yang telah dibawakan sejak beribu-ribu tahun lamanya (Islam) serta panca indera yang sempurna; itu semua agar kita menggunakan akal supaya kita hanya menuhankan Allah semata, bukan malah menuhankan akal kita!

Jika Dia, satu-satunya yang bisa memberi keselamatan dan perlindungan bagimu kau anggap ilusi semata⁣. Jika satu-satunya manusia yang bisa memberikanmu syafaat kau hina⁣
Lalu kemana kau akan mencari perlindungan kelak?!⁣

By: Sobat Alilah

Baca Juga: Membuktikan Kebenaran Adanya Sang Pencipta

Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "Hal-hal yang Sering Diabaikan Seorang Muslim dan Dianggap Sepeleh"