Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Pertanyaan Singkat Tentang Produktivitas dan Habits (islam)

9 pertanyaan singkat tentang produktivitas dan habits, mungkin permasalahannya condong saya jawab dengan islam. Tapi, mungkin ini dapat menjadi penyelesaian dalam hidupmu. Saya sangat berharap semoga artikel ini dapat memberi semangat dalam meningkatkan produktivitas apalagi ditengah situasi yang menegangkan kini.

Saya, dia ataupun kamu pasti pernah terbesik bahwa bagaimana sih agar hidup kita lebih produktif kedepannya, apakah kita harus begini-begini terus. Main game, hp, yt, dan aktivitas terasa tidak ada manfaatnya, maka dari itu pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas dalam hidup ini. 

Pertanyaan seputar peningkatan produktivitas

 1. Bagaimana agar Terbebas dari habits buruk?

Jawab:

Habits itu kalau bukan Baik ya Buruk. Tidak ada ditengah-tengah. Sehingga untuk menghilangkan Habit buruk maka sisa diganti dengan lawan kata nya itu menjadi Habits Baik.

Contoh:

Tidak puasa adalah habit buruk. Maka gantilah dengan melakukan puasa. Tidak shalat adalah habit buruk, maka gantilah dengan melakukan shalat.

Bohong adalah habit buruk. Maka gantilah menjadi Jujur. Karena tidak ada perilaku ditengah tengah antara bohong dan jujur.

Maka suatu habit bila ingin di hilangkan. Caranya adalah lakukan sesuatu yang berlawanan dengannya. 

Itu ibarat siang dan malam, gelap dan terang. Atau ibarat panas dan dingin. Tidak pernah menyatu. Maka pilih salah satu...

2. Bagaimana istirahat yang cukup dan baik bagi tubuh ?

Jawab:

Kita mencontoh nabi. Nabi kita bakda shalat isya bersenda gurau dengan istri dan anak-anaknya biasanya beliau langsung tidur. Jarang beliau keluyuran. Kecuali memang penting dan mendesak.

Tapi beliau rajin shalat malam (tahajud). Jadi kalau kita ukur bakda isya hingga 1/3 malam. Maka itu sekitar 7-8 jam. Diperkuat oleh ilmuwan yang mengatakan tidur yang baik adalah 7-8 jam. 

Disisi lain, rasulullah juga mengsunnahkan tidur siang. Menurut hadits Beliau tidur siang kadang 1-2 jam sebelum dzuhur atau 1-2 jam setelah dzuhur. Tidur yang makruh:

• Bakda Shalat Subuh

• Bakda Shalat Ashar

• Bakda Shalat Maghirb

Hikmahnya, banyak penyakit bila kita tidur di waktu makruh itu. Juga memicu menurunnya fungsi otak (lupa, telmi, pikun, lalod). Ohiya... btw Nabi Muhammad saw. Hanya pernah sakit 1x seumur hidup (sebelum wafat). Artinya pola hidup beliau sangat sehat.

3. Cara menemukan potensi terbaik ?

Jawaban:

• Tuliskan 5 Pekerjaan yang Akan kamu lakukan ketika kamu sudah Berkelimpahan (kaya raya) ?

• Tuliskan 5 Pekerjaan yang Akan kamu lakukan ketika kamu berada dalam kondisi miskin ?

• Kemudian lihatlah pekerjaan yang sama. Itulah potensi terbaik kita.

Asahlah potensi itu. Atau carilah lingkungan yang bisa membantumu mengembangkan potensi tersebut. Selamat mencoba...

4. Cara meningkatkan produktivitas? karena kadang semangatnya biasa hanya awal. Minimal mempertahankan produktivitas ?

Berbicara soal Produktivitas, pasti ada tingatannya. Bisa kita golongkan menjadi starter, medium, expert.

Sebelum kita membahas lebih dalam. Perlu kiranya kita fokus dulu pada tujuan hidup kita. Ajukan pertanyaan dan jawab! Mau dikenal dan dikenang sebagai siapakah kita?

Sebagai contoh. Saya pribadi, Ary Adiatma. Saya ingin dikenal dan dikenang sebagai Pengusaha Pengemban Dakwah. Karena itu saya membangun Komunitas Khalifah Preneur.

Nah, dari tujuan hidup itulah muncul berbagai hal untuk menunjangnya. Seperti berdakwah, menulis, berbisnis, membuat video, membangun team, dll..

Akhirnya kesemua aktivitas itu menjadi produktivitas bagi saya. Karena sejalan dengan tujuan. Kita lanjut...

Mengenai tingatan produktivitas tadi. Misalnya menulis. Jika ketika menjadi pemula alias starter awalnya saya hanya bisa menulis beberapa bab buku.

Ternyata setelah konsisten terus menulis, saya sudah bisa menulis 1 buku. Maka produktivitas saya menjadi medium.

Sekian tahun saya berjuang dibidang penulisan. Akhirnya saya bisa melaunchingkan buku yang _best seller_ bahkan mega best seller. Nah dititik ini saya sudah layak dikatakan expert.

Jadi untuk meningkatkan produktivitas, kita harus menetapkan tujuan kita terlebih dahulu. Kemudan melakukan semua hal yang menunjangnya secara konsisten.

5. Tips menjaga produktivitas (misal untuk menjaga dhuha, hafalan dll)

A. Miliki niat yang benar

B. Bergaul dengan teman sevisi

C. Selalu mulai bertindak (dhuha, menghafal dll)

Baca juga : 14 Perbedaan belajar online dan belajar di sekolah

6. Bagaimana Agar impian dapat terwujud ?

A. Miliki Impian yang jelas dan spesifik. Diridhoi Allah dan Rasul. Bermanfaat buat keluarga dan masyarakat.

B. Kategorikan menjadi jangka panjang atau jangka pendek?

C. Mulailah untuk mencapai impian jangka pendek. 

Caranya: lakukan hal apapun yang bisa dilakukan untuk itu. Meskipun itu hanyalah hal kecil. 

D. Banyak Belajar. Bisa dari mentoring, membaca, menonton, sharing, konsultasi dll

E. Pencapaian kecil akan mengantarkan pada pencapaian besar. Istiqomahlah mewujudkannnya.

7. Bagaimana Cara melawan rasa malas?

 Rasa malas jangan dilawan. Karena malas adalah Habit. Maka habit tidak dapat dilawan.

Habit hanya bisa diganti dengan akronimnya. Yaitu Rajin. Untuk menjadi Rajin caranya sama dengan untuk menjadi malas.

Yaitu Mulai + Ulangi = Habit. Kapan kita mulai Rajin? Jawabnya sekarang juga. Dan berapa kali kita ulangi? Minimal 40 Hari tanpa putus. Bila terputus, ulangi lagi dari 1.

Pilihlah salahsatu contoh dari rajin. Misalnya tepat waktu shalat. Maka mulai dan lakukan itu selama 40 hari tanpa putus.

Setelahnya, anda tidak akan mengenal rasa malas untuk shalat tepat waktu. Kecuali anda mulai menginstal habit malas. Jangan harap bisa rajin kalau kita menginstal habit malas. Installah habit rajin. Ingat: Mulai + Ulangi = Habit.

“Sesuatu tidak akan kita lakukan kecuali kita memiliki alasan kuat untuk itu (strong why). 

Jadi temukan apa strong why mu untuk menjadi Rajin."

8. Bagaimana mengatur skala prioritas?

Skala Prioritas muslim adalah 5 hukum syariah. Yaitu: Wajib, sunnah, mubah, makruh, harom. Jadi kita perhatikan setiap pilihan aktivitas kita.

Jauhkan dari unsur makruh apalagi haram. Disisi lain, setelah kita menetapkan standar halal sebagai prioritas. Maka mentor saya Ippho Santosa mendetailkan..

Seharusnya setiap aktivitas kita itu memenuhi 3 aspek:

• Untuk Allah dan Rasul

• Untuk Keluarga

• Kebermanfaatan buat sesama

9. Bagaimana managemen waktu dan Persiapannya?

 ketika Allah swt menyebutkan sesuatu di Al Quran. Itu tandanya hal itu sangat penting. Termasuk kata Waktu dalam surah Al Ashr.

Dalam hal managemen waktu dan persiapannya. Sebenarnya cukup mudah. Yaitu kita menyusun agenda produktif kita dari bangun tidur hingga menjelang tidur.

Semua waktu kita agar diisi oleh hal hal bermanfaat. Tetapi tetap bisa kita lakukan. Mungkin diawal kita agak tertekan. Tapi coba perhatikan kenyamanan kita melakukannya. Kemudian susun ulang.

Saya sendiri telah menemukan pola aktivitas produktif saya:

• pagi pagi: menulis dan membuat video

• pagi: streching (olahraga ringan), membantu orangtua, belajar (membaca, menonton, mendengar), beres-beres, pembinaan team (berbisnis) dll.

• siang: istirahat siang

• sore: editing buku dan video, pembinaan team (berbisnis).

• malam: quality time bersama keluarga

Nb: 

• Ibadah karena sudah rutin tidak perlu lagi pakai pengingat. Kalau belum istiqamah perlu dibuatkan.

• Agenda Event kegiatan tambahan bisa saja ada disela-sela schedule harian kita. Jadi kita bisa lebih flexible dalam pengaturannya. Selama semuanya bisa ter akomodir dengan baik. 

Hey bro... Mungkin itu saja mengenai produktivitas, semoga dengan ini hari demi hari kita makin baik. Jadilah manusia yang senantiasa melakukan hal yang baik dan kurangilah hal yang hanya membuat waktu dan tenaga kita terkuras begitu saja. Ayo mari sama-sama membangun pondasi dasar agar dapat mencapai Kesuksesan setinggi menara. Sukses yang bukan hanya didunia yah, karena ada pertemuan yang kekal nanti di hari kemudian.

Baca juga: 8 Tips agar tetap produktif 

Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "9 Pertanyaan Singkat Tentang Produktivitas dan Habits (islam)"