Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Inspiratif! Siswa Jadi Buruh Agar Bisa Belajar Online

Hallo kawan, kali ini saya ingin sedikit membagikan motivasi kepada kalian tentang seorang siswa dengan kegigihan dan keinginannya mengikuti pembelajaran online atau daring, ia diusia mudahnya sudah banting tulang mencari nafkah ditengah krisis ekonomi yang menimpahnya. 

Motivasi buat pelajar

Dari siswa tersebut kita dapat belajar banyak darinya, walau apapun situasi dan kondisi yang diberikan. Menuntut ilmu adalah hal yang wajib dan harus kita lakukan sebagai penunjang dari kesuksesan. Walau memang sukses itu bukan dilihat dati tingginya sekolah, namun tentu dengan kita sekolah setidaknya akan lebih memudahkan dalam mencari nafkah dimasa yang akan mendatang, tentu terhindar dari kebodohan pastinya.

Oke, saya tidak ingin menceritakan kronologi detail dia, namun saya ingin berbagi kisah inspiratif yang dapat kita ambil hikmahnya. Sebenarnya kalau kita ingin melihat keluar, sangat banyak anak yang dimana tidak memiliki fasilitas untuk menunjang pembelajarannya, jangankan ingin belajar. Belajar saja, mungkin tidak tau dimana akan belajar, alias Rumahnya tidak ada. 

Bukan hanya itu seorang dengan pekerjaan pas-pasan atau bisa dibilang untuk membeli beras saja, itu hal yang sangat sulit baginya. Bagaimana ingin membeli kouta?? Bagus-bagus kalau anak tersebut punya HP, kalau tidak? Nasibnya akan sangat miris ketimbang temannya yang lain, mungkin sudah masuk dimateri sekian, dianya baru memulai.

 Tapi, tenang... Ada kok beberapa sekolah yang menyediakan wifi atau menyuru anak siswanya datang sendiri kesekolah dengan mematuhi protokol kesehatan. Yah, tentu akan sangat berbeda rasanya, karena belajar tanpa suara yang ribut seperti pasar. Dan kerja kelompok dengan teman yang lain. Jika ingin belajar sendiri kesekolah, pasti membutuhkan biaya lagi, paling tidak tenaga untuk sampai kesekolahnya.

Seharysnya kita sebagai seorangmanusia, selalu merasa bersyukur kepada Allah karena banyak sekali saudara kita yang masih sangat dibawah kita. Stoplah prilaku boros dan merasa tidak pernah berkecukupan, lihatlah orang yang ingin sepertimu. Jangan menjadi orang yang egois kepadanya.

Saya juga punya teman, dimana teman ini mempunyai sebuah kekurangan yang mungkin tidak dirasakan oleh orang lain, sehingga teman dekat saya ini selalu di bully. Mungkin dia dibully karena agak memilikikekurangan dari segi fisik. 

Sangat disayangkan, hanya karena fisik mereka membully temannya sendiri, saya yakin jika dia merasakan hal yang sama diposisi orang dibully. Dia akanmeminta maaf dengan tangisan (saking bersalahnya).

Disini jugakita tidak boleh beranggapan hanya karena memiliki fisik kekurangan, dia pasti melorot hidupnya. Wets... Itu kesalahan besar, karena bisa jadi dia akan lebih sukses darimu. Taukah kamu, orang yang membuat template ini atau tampilan dari web ini adalah orang yang kesulitan untuk berdiri. 

Sehingga menghabiskan waktunya banyak didepan layar monitor. Karena skill yang ia miliki, tidak heran ia mendapatkan hasil dari pa yang ia perbuat dengan tujuan yang jelas. Hingga, saat ini saya yakin penghasilannya dalam sebulan lebih dari membeli mobil.

 Apapun yang kita perjuangkan kini, pasti akan meraih hasil yang setimpal ketika kesungguhan dan kekonsitenan terus ditumbuhkan. Jika kita sukses atau tidak, itu kehendak dari sang pencipta, kita hanya berusaha. Namun, saya yakin mereka yang berhasil, dulunya seorang pekerja keras (proses: hasil).

Makanya jangan suka mengejek orang yang lebih kurang darimu, setidaknya hargailah dia sebagai manusia. Jangan sampainantinya kamu akan menyesal dengan tindakanmu kepadanya selama ini.

Sesuatu yang ingin diraih dengan kesungguhanpasti akan ada jalannya, yah tinggal kita ingin atau tidak. Saya yakin mereka yangkini berjuang untuk menggapai harapan akan ada saatnya dia akan berada diujung harapan itu untuk menuai hasil darijeripayahnya selama ini. Fokuslah pada sebuah impian, walau disekitarmu tidak ada yang mendukung. 

Buatlah dirimu menjadi orang yang dapat bermanfaat untuk sekitarmu, apalagi memperjuangkan hal yang baik. Seorang siswa itu menjadi buru tani yang seharusnya dikerjakan oleh orang dewasa, walau dia harus belajar sambil bekerja tentu akan merasa sangat lelah. Maka, kita patut untuk bersyukur atas segalanya.

Selama pandemi covid ini tentu banyak sekali orang yang dirugikan, apalagi mereka yang memiliki pekerjaan yang berhubungan langsung dengan dunia luar. Banting tulang untuk bekerja mencari nafkah buat kita, apalah daya.. Teman-teman, orang tua memberi kita fasilitas dengan kerja kerasnya, maka buatlah mereka bangga atas apa yang ia harapkan terhadap anaknya.

Diluar sana, ada juga loh anak yang masih sekolah, banting tulang mencari uang receh dan mengumpulkannya untuk membeli HP agar dapat mengikuti pembelajaran daring. Kesungguhannya dan kesabaran itulah yang saya yakini akan membuatnya sukses. 

Mungkin itu saja, apa yang bisa saya bagikan kepada teman-teman. Semoga motivasi Siswa Jadi Buruh Tani Agar Bisa Belajar Online, dapat lebih meningkatkan kesyukuran kita kepada Allah dan tentunya makin rajin dalam berbagi kebahagiaan terhadap orang lain, jangan lupa untuk selalu menghargai hasil karya orang dan menghargai orang lain yah.

Baca juga:

Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "Kisah Inspiratif! Siswa Jadi Buruh Agar Bisa Belajar Online"