Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Islam Radikal dan Islam Moderat Dalam Islam, adakah ??

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang "islam radikal dan islam moderat" apakah ada dalam islam pembagian seperti itu?agar materi ini tidak membosankan, jadi sifatnya interaktif yach?Baik teman-teman, saya yakin kita sering mendengarkan kata islam radikal atau islam moderat? nah saya mau minta tanggapan dari kalian mungkin sekitar 2 atau 3 orang. apa pendapat kita tentang islam radikal atau islma moderat? silahkan tanggapan kalian?

islam radikal menurut saya adalah berislam dengan pandangan kritis terhadap keadaan masa kini.

Islam radikal... Yah menurut sy itu opini yang perkembangannya baru-baru ini dan dibuat untuk merusak ummat islam itu sendiri.

Penilaian orang kafir atau munafik terhadap orang Islam yang dimana ditujukan untuk merusak citra Islam.

Yang tidak sesuai dengan Pancasila
Islam Radikal dan Islam Moderat Dalam Islam


Luar biasa, artinya teman-teman yang ada disini juga melek berita perkembangan islam. baik, kenapa saya bahas tentang islam moderat dan radikal pada malam ini, karena ini erat kaitannya dengan aktivitas dakwah dikalangan pelajar.  Banyak orang tua atau guru disekolah yang kadang tidak mau membiarkan anaknya untuk ikut pengajian-pengajian secara rutin karena takutnya anaknya akan jadi islam radikal

 Karena menurut mereka bahwa kita ini adalah islam moderat. Karena menurut saya pasti banyak orang tua yang seperti itu pada hari ini. orang tua zaman sekarang itu banyak yang aneh, ketika anaknya keluyuran nggak jelas, mereka kurang khawatir dan tidak banyak tanya, dan kalau anaknya pergi kajian.. masya allah luar biasa khawatirnya.

 Jadi teman-teman kalau orang tua kita seperti yang diatas, maka sebenarnya mereka tidak salah sepenuhnya. Mengapa mereka bersikap seperti itu karena pemberitaannya memang seperti itu. di TV dan di media cetak banyak yang memberitakan bahwa pengajian-pengajian itu identik dengan teroris. Identik dengan perkara kekerasan dan lain-lain. Oke, pertama kita bahas dari segi pengertian dulu.

Baca juga:

Ditengah pandemi harus tetap berkarya dan produktif

 Apa Itu Islam Radikal dan Islam Moderat

Islam radikal terbagi menjadi dua, antara islam dan radikal. Islam kita sudah tahu itu apa, sedangkan radikal berasal dari kata radix yang artinya akar. Bahwa pemahaman islam radikal itu adalah suatu pemahaman yang menguasai atau mempelajari dan mengamalkan islam secara sempurna. Istilahnya dari akar ke daun. Bukankah setiap orang muslim memang dituntut untuk itu. 

Sedangkan islam moderat adalah, suatu pemahaman yang ingin membuat kita menerima islam akan tetapi harus juga menerima hal-hal yang selain dari pada islam. inilah yang namanya moderat

Islam radikal pada hari ini dikonotasikan sebagai islam garis keras, yang memaksakan kehendaknya kepada orang lain dengan cara apapun termasuk kekerasan, bahkan kalau perlu mengorbankan orang yang tidak berdosa pun dibolehkan Singkat kata disebut sebagai teroris.

Radikal hanya di identikkan kepada orang yang ingin dekat dengan Rabbnya... dan ini sudah jadi stigma masyarakat muslim secara  umum. Coba perhatikan anak-anak remaja yang nakal, geng motor atau yang kena pergaulan bebas, itu tidak pernah dikatakan sebagai remaja radikal.

Jadi, secara bahasa islam radikal itu artinya bagus, akan tetapi sekarang itu konotasinya tidak bagus senada dengan sebutan islam foundamentalis, justru islam moderat yang artinya itu tidak bagus bahkan tidak benar dan konotasinya itu bagus sekarang, bahkan banyak orang yang dengan bangga menyebut dirinya itu islam moderat.

Mengapa bisa seperti itu, yang baik dikonotasikan buruk pada hari ini dan yang buruk dikonotasikan baik pada hari ini? kira-kira apa penyebabnya?

Mudahnya dinotasikan seperti itu karena islam hari ini kurang paham dengan agamanya sendiri dan mudah menerima informasi tanpa mengelolahnya

Baik, jazakumullahu khoiran katsiro atas jawabannya, sengaja saya tanya balik begini khawatirnya semua sudah tidur.. he..he. karena kadang kajian atau membaca hal-hal yang baik sangat rentang diganggu setan. Main game berjam-jam nggak ngantuk, nonton youtube berjam-jam juga nggak ngantuk. Tapi kalau kajian.. subhanallah.. nyenyak tidurnya.

Umat islam makin jahil sama agamanya ditambah sudah jahil sama agamanya, opini saat ini terutama media cetak dan eletronik sudah dipegang oleh orang yang membenci islam dan orang munafik. Jadi susah ketika kita mau mendapatkan berita yang benar dari kedua sumber tersebut.

Nah, oleh sebab itu solusi dari semua itu pada hari ini, dalam kondisi umat islam yang jahil sama agamanya dan media opini yang banyak dikuasai oleh orang kafir dan antek-anteknya. Ada 2, ada solusi jangka panjang dan ada solusi jangka pendeknya dan keduanya harus jalan secara bersamaan.

Solusi Jangka Pendek

Bagi teman-teman yang sudah mengetahui pada hari ini bahwa pengklasifikasian islam pada hari ini itu tidak benar. Karena sesungguhnya islam itu cuman ada satu yaitu islam kaffah namanya, yaitu orang islam yang mau menerima ajaran islam secara totalitas. 

Tidak ada yang namanya islam radikal dan islam moderat.. itu hanya pengklasifikasian orang barat saja terutama Amerika Serikat dan sekutunya yang mencoba membagi islam. islam yang mau menerima kebijakan dari AS disebut sebagai islam moderat dan umat islam yang tidak mau menerima kebijakan AS yang tentunya bertentangan dengan islam disebut sebagai islam radikal.

Tetap Menyeru Kebaikan

Kita harus tetap berdakwah dikalangan pelajar. kalau kita belum sanggup untuk berbicara kepada orang tua pada hari ini seperti guru. maka masih banyak lahan dakwah kita. kita bisa berdakwah kepada teman-teman sekolah kita, atau adik kelas kita.. kita sampaikan yang sebenarnya, dan ajak dalam kegiatan yang baik.

Agar bisa konsisten seperti itu maka kita membutuhkan sebuah komunitas yang anggotanya memiliki visi dan misi yang sama dengan kita. Didalam komunitas itu kita diberikan semangat dan motivasi serta tsaqofah islam agar kita bisa semangat dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari objek dakwah kita.

Solusi Jangka Panjang

Maka tentunya sumber kerusakan pada hari ini yang menyebarkan isu-isu yang tidak benar tentang islam harus dihentikan. Gimana caranya ? tentunya dengan mengambil alih media-media yang ada pada hari ini yang dikuasai oleh mereka dan mengusir mereka dari negeri yang kita cintai ini.. 

Tapi tentunya ini tidak bisa kita lakukan sebagai rakyat biasa karena yang bisa melakukan ini hanya penguasa yang didalam islam disebut sebagai khalifah. Nah ini sedikit materi terkait islam moderat dan islam radikal pada malam hari ini.

Pertanyaan:

Bagaimana tips jitu kita sebagai pemuda untuk mengambil alih pradaban ditengah fitnah yang begitu menusuk ummat muslim yg ingin dekat dengan agamanya ?

Istiqomah dalam perjuangan , tapi untuk istiqomah dalam perjuangan ini yang kita butuhkan ada 2 yaitu pertama tentunya manusia ini bukan malaikat yang tidak punya salah, maka yang kita butuhkan adalah komunitas yang berisikan orang-orang yang sholeh yang siap mengingatkan kita kalau kita salah dan siap motivasi kita kalau kita futur.

Yang kedua adalah komunitas yang didalamnya kita bisa menggali dan mengkaji islam secara mendalam. Kalau kita memiliki dua hal itu insya allah kita akan bisa istiqomah dalam perjuangan ini. dan ketikan kita istiqomah maka kita siap tampil sebagai pemenang.

Apa yang melatar belakangi mereka membuat opini bahwa Islam itu bahaya? Apakah mereka takut dengan Islam?
 
Jadi mereka orang kafir tahu bahwa umat islam tidak mungkin ditaklukkan dengan cara fisik atau perang.. liat saja peperangan yang terjadi di timur tengah, afganistan, irak, palestina dll..
Umat islam tidak akan menyerah..  walau AS mengerahkan segenap pasukan dan senjatanya..
 
walaupun mungkin nanti AS akan mengirim the avengers ke sana .. umat islam tidak akan gentar. satu-satunya cara untuk mengalahkan umat islam hanya dengan menjauhkan umat islam dari agamanya, membuat umat islam JAHIL sama agamanya.
 
Gimana caranya umat islam jahil sama agamanya yaitu dengan cara menakut nakuti umat islam agar tidak dekat-dekat dengan perkara yang membuat dia paham sama agamanya. Umat islam kalau rajin ikut kajian maka insya allah dia akan paham sama agamanya.. nah kalau umat islam takut sama tempat pengajian.. maka miriplah mereka syaitan yang takut dengar al qur'an dan takut dengar pembahasan agamanya.
 
Dengan adanya isu islam radikal kan terbukti sukses membuat umat islam takut dekat dekat dengan tempat pengajian.. mereka sukses menakut nakuti umat islam, tapi tentunya kita tidak boleh tinggal diam teman-teman.. saatnya kita bangkit dan berjuang.
 
 Didalam al qu'ran allah swt telah jelaskan kebencian orang kafir kepada islam itu luar biasa, mungkin untuk membuat umat islam binasa, sulit mereka lakukan. tapi membuat umat islam yang beragama islam akan tetapi tingkah lakunya tidak sesuai dengan islam bahkan mengikuti orang barat.. ini yang mereka akan lakukan.
 
Target mereka sepeti itu sekarang. tidak apa mereka islam tapi jangan sampai gaya hidup mereka dan pemahaman mereka itu sesuai dengan syariat islam. 

Penutup

jadi teman-teman yang insya allah dirahmati oleh Allah, saya sangat berharap adik-adik kita senantiasa berjuang demi Agama Allah ini.
 
karena kondisi umat islam pada hari ini sangat memprihatikan, terutama dikalangan pelajarnya/ kalangan remajanya. Coba tanya dalam dirita kita, kemaksiatan apa yang remaja tidak lakukan pada hari ini? pembunuhan, pemerkosaan, narkoba, tawuran ..sudah semua.
 
Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana kita menyikapi ini semua. apa tinggal diam menyaksikan kerusakan ini, atau sibuk memperbaiki diri sendiri, dengn prinsip biarkan yang lain rusak yang penting saya bagus.
 
Ketika kita memiliki prinsip yang seperti itu, maka saya sampaikan, kita bukan bagian dari golongan rasulullah saw. karena rasullah saw sepanjang hidupnya dia habiskan untuk dakwah mengubah kehidupan manusia yang penuh dengan kemaksiatan ke arah yang penuh dengan cahaya ilahiyah.

Semoga dengan artikel ini "Islam Radikal dan Islam Moderat Dalam Islam, adakah ??" dapat lebih membuka pola pikir kita dalam memahami agama kita sendiri. Allah mengatakan dalam surah muhammad, barang siapa yang menolong agama Allah insya allah akan menolongnya pula. jadi insya allah, ketika kita pada hari ini, ikut memikirkan agama Allah swt, bahkan ikut perjuangkan maka segala macam kesulitan kita di dunia ini akan dibantu penyelesaiiannya oleh Allah swt.

 Baca juga:


Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "Islam Radikal dan Islam Moderat Dalam Islam, adakah ??"