Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH RANCANGAN PERCOBAAN PERTUMBUHAN PADA BIJI KACANG HIJAU

Hallo sobat, kali ini saya ingin berbagi sedikit mengenai pertumbuhan dan perkembangan. Namun, lebih berfokus pada rancangan percobaan pada tanaman kacang hijau, sebenarnya segala macam tanaman pun boleh, tapi kalau mau tumbuhnya lebih cepat. Yah, salah satunya menggunakan biji-bijian atau kacang-kacangan.

Kita akan mengetes tanaman ini, bagaiman reaksi tanaman ini di tanam dengan tempat yang berbeda beda.

Instruksi :

RANCANGAN PERCOBAAN TENTANG PENGARUH FAKTOR LUAR TERHADAP PERTUMBUHAN PADA TUMBUHAN

Tujuan:

 Untuk mengetahui pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan pada tumbuhan.

Alat dan Bahan:

1. Tiga puluh (30) biji kacang hijau.

2. Tiga (3) buah gelas air mineral

3. Satu buah kardus kosong.(Mis. Kardus Lee Mineral, Indo mie dll).

4. Media tanam (Mis.tanah, serbuk atau kapas).

5. Isolasi dan alat tulis.

Cara Kerja:

1. Siapkan tiga buah gelas air mineral yang kosong, buat lubang kecil/pori pada bagian bawah setiap gelas dengan menggunakan paku ( untuk menghindari genangan air dalam gelas.

2. Beri label pada setiap gelas untuk membedakan gelas I, gelas II dan gelas III

3. Isi setiap gelas dengan tanah secukupnya (sekitar 5 cm dari dasar gelas).

4. Tanam 10 biji kacang hijau pada setiap gelas, usahakan tersebar dan teratur, siram secukupnya

5. Gelas I, diletakkan pada tempat terbuka ( mendapatkan cahaya mata hari langsung, misalnya di halaman depan rumah…

Gelas II, diletakkan pada tempat teduh, misalnya di sudut ruang tamu atau dapur.

Gelas III, diletakkan di dalam kardus dan kardusnya ditutup rapat,   sssehingga cahaya tidak dapat tenbuuus.

6. Siram dan amati tanamanmu.

Setelah saya amati ternyata :

Ternyata, setelah saya amati perkembangannya hari demi hari. Terjadi perbedaan yang cukup signifikan. Sudah sangat jelas bahwa tanaman yang ditanam ditempat yang terkena cahaya matahari langsung, dibandingkan tanaman yang tidak terpapar cahaya matahari.

Pertumbuhan kacang hijau

Ketika tanaman yang ditanam ditempat yang gelap, itu akan semakin tinggi, ketimbang ditanam ditempat yang terkena cahaya matahari. Ketika itu semua terjadi, pasti ada penyebabnya. 

Penanaman kacang hijau

Yang menyebabkan itu terjadi, salah satunya karena cahaya matahari menyebabkan hormon auksinnya tidak aktif. Hormon auksin itu adalah zat yang dimana berada diujung batang, akar ataupun bunga yang menyebabkan berperan pada pertumbuhan. Ketika tempat gelap atau minim cahaya, hormon itu akan bekerja dengan sendirinya yang menyebabkan tumbuhan menjadi lebih tinggi. 

Penanaman kacang hijau ditempat gelap


Faktor luar lainnya yang wajib ada debagai pendukung tumbuhnya tanaman kita adalah nutrisi dari tanah atau zat hara pada air. CO2 ini akan bekerja bersama dengan air membentuk sebuah fotosintesis.

Oke, mari kita mengenali unsur luar yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, berikut ulasannya :

Cahaya (Sinar Matahari)

Sinar matahari snagat berperan aktif pada faktor luar dari tumbuhan. Jika kalian melakukan prattek atau pernah prattek dengan tanaman ini. Pasti saya yakin, jika kalian pernah melihat tanaman mengarah pada cahaya (mencari-cari keberadaan cahaya). 

Sehingga, jika cahaya yang berada disebelah kanan, tanaman kita akan membekkok kele kanan juga, begitupula sebaliknya. Jadi, cahaya sangat dibutuhkan oleh tanaman, seperti kita yang sangat membutuhkan makanan. 

Kak, jadi bagaimana dengan tumbuhan yang terkena cahaya namun cahayanya berasal dari lampu?? Yah, itu juga cahaya.. Namun, ada banyak perbedaan antara cahaya matahari langsung dengan cahaya buatan. Hasilnya kan berdampak, tentu tidak akan maksimal. 

Coba deh liat tanaman yang ada di toko yang besar. Tanamannya tetap tumbuh kan, karena rata-rata ditokoh-tokoh itu dipenuhi dengan cahaya lampu. Iya, tetap tumbuh... Mungkin perbedaanya ada di daunnya yang ketika ditanam diluar dengan cahaya langsung akan lebih terang dari yang lampu. 

Prattek diatas pun menunjukan perbedaan ketika cahaya matahari langsung dengan tempat yang gelap. Menanam ditempat yang gelap akan membuat tanaman lebih cepat tumbuh, daunnya kekuningan, akarnya yang mudah kropos dan sedikit, juga batangnya yang sangat lemah. 

Perbedaanya cukup jauh yang dipancari sinar, akan lebih terlihat hijau walau pertumbuhannya lambat, akarnya lebih banyak dan kuat, batangnyalebih kuat dan daunnya lebih lebar. Karena proses respirasi dan fotosintesis yang terbilang cepat ketika terpapar cahaya matahari membuat daunnya terlihat lebih segar dengan akar yang kokoh.

PH atau Derajat Keasaman

Jangan salah loh, ternyata ada faktor yang lebih mendalam dari yang diatas. Karena PH juga ternyata sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya tumbuhan kita. Maka, perlu untuk kita memperhatikan jenis tanah atau pencampuran yang kuta gunakan.

Kelembapan

Udara di indonesia dengan iklin tropis sangat baik untuk menjadi tempat berbagai jenis satwa, juga tanaman. Walau tidak semua yang memiliki tempat dan curah hujan yang baik. Kelembapan udara di sekitar kita ini yang mendorong baik atau buruknya tanaman kita nantinya. Jangan sampai jenis tanaman yang kita tanam tidak sesuai dengan tempatnya. 

Jika ditempat Anda terbilang tandus, buatlah jadwal dengan rutin agar dapat membuat tanaman Anda tetap dengan kadar kelembapan. 

Unsur Hara dan Air

Air sudah tidak diragukan lagi sebagai faktor luar tumbuhan. Yah, walaupun ada beberapa tanaman yang menyerap kadar udara yang lebih sedikit. Dari air inipula akan membuat tumbuhan kita bisa berfotosintesis. Unsur hara yang ada di dalamnya akan disalurkan dengan udara. Selain itu, Metabolisme pada tumbuhan akan berjalan.

Hambatan atau gangguan biasanya terjadi ketika tumbuhan kita kurang yang namanya unsur hara. Bukan hanya kita loh yang membutuhkan nutrisi, tumbuhan pun begitu. Makanya, diperlukan untuk campuran berbagai unsur hara agar menghasilkan nilai tanaman yang baik.

Suhu

Faktor terakhir adalah suhu. Suhu ini penunjang juga. Jika tekanan suhunya tinggi, coba buatlah tanaman itu cocok ditanam ditempat tersebut. Jika tumbuhannya cocok ditempat yang lebih lembab, tanamlah tumbuhan yang cocok juga. Suhu di negara kita ini berkisar 20-36 derajat. Maka, coba srbelum menentukan kalian mencari tau agar nantinya bisa memuaskan.

Mungkin itu sedikit pembahasan saya mengenai, RANCANGAN PERCOBAAN PERTUMBUHAN PADA BIJI KACANG HIJAU semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua yah ... termasuk bagi diri saya sendiri. Jika ada saran atau kritikan, Silahkan komunikasikan di kolom komentar yah ...

Baca juga:

Post a Comment for "CONTOH RANCANGAN PERCOBAAN PERTUMBUHAN PADA BIJI KACANG HIJAU"