Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa yang dimaksud Sinkretisme dan Contohnya


Apa itu Sinkritisme

Mahluk apa lagi tuh

Yaitu sebuah ide (pemikiran) saat ini tidak banyak diketahui oleh kita islam tetapi sangat berbahaya istilah ini dipopulerkan oleh orang-orang Islam liberal yang disebut mereka sebagai sinkretisme

Apa itu sinkretisme? Sinkritisme yakni mendudukan semua agama itu sama (Islam, Kristen, Hindu, Buddha) bahkan tidak beragama pun dipandang sama. Mengapa demikian?

Karena mereka merasa bahwa tidak ada agama yang boleh mengklaim dirinya paling benar, jadi kalau Islam menganggap bahwa islam itu tinggi dan tidak ada lebih tinggi dari Islam itu nggak bisa, karena semua agama sama sama-sama mengajarkan kebaikan, semua agama sama-sama mengajarkan ketuhanan, semua agama sama-sama mengajarkan kemuliaan, maka semua agama diposisikan sama.

Karena semua agama diposisikan sama maka tidak boleh ada istilah kafir tidak boleh ada istilah musyrik, tidak boleh ada istilah agama benar ada agama salah, tetapi semua agama ini salah atau benar yang diserahkan kepada penganutnya masing-masing. berbahayakah ini? amat sangat berbahaya... 

Baca juga:

Pandangan islam tentang politik

Tujuan dari Sinkritisme 

Agar kaum muslimin tidak pede dengan agamanya, agar kaum muslimin merasa bahwa agama lain juga benar, agar kaum muslimin boleh mengucapkan Natal tahun baru dan semua agama agama apapun bisa diucapkan selamat karena mereka menganggap semua agama sama.

Benarkah demikian?  sedikit waktu yang singkat ini kita akan membahasnya maka  mari kita kaji yang pertama kebenaran hakiki hanya bisa kita kaji secara objektif dan tidak ada agama yang masuk akal menentramkan jiwa dan sesuai dengan fitrah manusia itu hanyalah Islam.

mengapa demikian? kalau kita lihat, kita kaji satu persatu tidak ada agama yang masuk akal nasrani misalnya bagaimana mungkin ada tiga dari yang satu-satu dari yang tiga, ada Tuhan bapa, Tuhan anak dan seterusnya sangat-sangat tidak masuk akal. 

Agama Buddha, misalnya bagaimana seseorang yang kemudian tidak jelas konsepnya bisa menjadi Tuhan bahkan Sidharta Gautama sendiri tidak mengaku dirinya sebagai Tuhan hanya sebagai teman untuk mencapai nirwana misalnya nggak jelas juga konsepnya.

Hindu misalnya Tuhannya banyak (polytheisme) ada Tuhan hujan ada Tuhan api dan air dan seterusnya itu juga tidak masuk akal.

Maka agama yang sesuai dengan fitrah manusia sesuai dengan akal manusia hanyalah Islam didalam  dalam Al-quran menjelaskan bahwa Allah subhanahu wa ta'ala tidak berawal dan tidak berakhir serta tidak beranak dan tidak diperanakkan.

Maka agama Islam jelas memiliki konsep yang jelas masuk akal tentang konsep ketuhanan dan Allah menurunkan Alquran sebagai kitab suci yang tidak ada yang mampu membuatnya sampai hari ini bahkan sampai  kapan pun tidak ada yang mampu membuatnya.

Pertanyaannya apa lagi meragukan dalam Islam? tidak ada....konsep Tuhan juga jelas Muhammad itu Rasul Nya bukan anak tuhan bukan juga cucunya Tuhan tetapi Muhammad adalah utusan Allah menyampaikan risalah dari Allah subhanahu wa ta'ala kepada kita makhlukNya.

Oleh karena itu hanya Islamlah agama yang benar agama-agama yang lain tidak ada yang benar bukan benar, bukan paling benar tapi tidak benar..

La ikroha fiddin memang dalam Islam tidak diajarkan memaksa orang untuk masuk Islam tetapi ketika ditanyakan mana yang benar mana yang salah maka jawabannya 1, yaitu Islam adalah agama yang benar yang lain adalah agama yang salah mengapa demikian ?

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman "barangsiapa mencari agama selain Islam agama maka agamanya pasti tertolak dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi"  baca (QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 3)

Pertama, hari ini telah kusempurnakan agamamu, berarti agama-agama yang ada dan turun sebelum Islam sama sekali tidak sempurna tidak layak jadi agama kita saat ini.

Dan Allah katakan apa? Dan telah kucukupkan nikmat artinya tidak ada agama lagi yang membawa kenikmatan kepada manusia kecuali hanyalah islam. Dan yang ketiga itu Islam agama yang diridhoi allah tidak ada agama lain yang Allah berikan ridho kepadaNya.

Lantas ide sinkretisme tujuannya adalah agar semua agama sama ujung-ujungnya tidak usah bawa agama dalam urusan negara, tidak usah bawa agama dalam urusan ekonomi,  pemerintahan,  urusan rumah tangga atau dalam hal ini sekulerisme.

Maka boleh menikah muslim boleh menikah dengan musyrik sekalipun boleh bahkan tidak menikah bahkan tidak beragama sekalipun boleh.

Hati-hati ide Sinkritisme ini berbahaya, akan merasuk dalam pikiran kaum muslimin  dan akan menjadi pemahaman umat Islam bahwa ide Sinkritisme ini tidak berbahaya padahal bahayanya amat sangat luar biasa.

oleh karena itu Sinkritisme  adalah yang dilontarkan oleh kaum liberal bertujuan agar kaum muslimin tidak menggunakan Islam dalam kehidupan alias memisahkan agama dari kehidupan. 

Agama semua sudah diakui benar semua, sehingga kehidupan diatur oleh akal buatan manusia, jadilah mereka Tuhan Tuhan baru yang menyembah manusia. manusia menyembah manusia naudzibillahi min dzalik.

Mungkin itu sedikit pandangan islam mengenai Sinkritisme yang sangat berbahaya. Semoga kita makin tercerahkan dan menjadi pribadi yang makin baik kedepannya.

Baca juga:

Perang pemikiran dalam islam


Post a Comment for "Apa yang dimaksud Sinkretisme dan Contohnya"