Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Perbedaan Antara Adab dan Akhlak dalam pandangan Islam


ADAB DENGAN AKHLAK, SAMAKAH?


Bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..
Insya Allah dirahmati oleh Allah, insya Allah pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang perkara akhlak dan adab apakah perkara yang sama..?

Contoh perbedaan adab dan akhlak dalam islam


Kadang kita pernah mendengar kata-kata yang seperti ini, wah orang Jepang itu sikap dan kebiasaan nya lebih baik, lebih islami dari pada orang Islam yang ada di Indonesia,  mereka katakan itu karena melihat karakter orang jepang yang lebih sabar, lebih disiplin bahkan lebih jujur dari pada umat Islam di Indonesia..

Kalau cerita kejujuran orang Jepang itu memang luar biasa, dulu ada mantan menteri ekonomi Jepang yang bernama Akira Amira.. di dituduh korupsi, maka seketika itu pula dia mengundarkan dirinya.. padahal ini baru tuduhan.. belum dibuktikan..

Setelah pembuktian ternyata dia tidak terlibat, justru yang terlibat itu adalah anak buahnya, tapi tetap  dia mengundurkan diri dengan alasan nda becus urus anak buahnya.. wah luar biasa sikapnya. Beda dengan pejabat di Indonesia, sudah di OTT oleh KPK bahkan ada yang sudah dipenjara, tapi masih mau mencalonkan diri dari pejabat, luar biasa..

Tapi masalahnya statement orang Jepang (kafir itu lebih baik dari pada umat Islam di Indonesia perkara benar dong), Weits tunggu dulu.. kita bahas dulu apa itu adab dan apa itu akhlak..

Apa itu adab


Adab adalah kemuliaan yang terdiri dari segala macam sikap-sikap yang baik, perangai yang baik yang lahir dari suatu proses pendidikan atau pelatihan. Jadi ketika orang Jepang jujur, amanah, disiplin memang karena dari kecil mereka diajari untuk itu..

Mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Jadi wajar kalau adabnya baik.. adab ini sifatnya umum, bisa dibawa dalam hal yang baik maupun buruk.. contoh ada 2 orang pencuri mobil yang satu senior dan yang satu junior (baru belajar) berkatalah pencuri yang junior kepada seniornya "bos susah dicungkil ini mobilnya', kemudian bosnya yg senior katakan, sabar ya...

Memang bgitu kalau pemula.. jadi sikap sabar juga bisa kita bawa dalam kemaksiatan, sabar dalam berdiri ditengah lapangan dibawah terik matahari liat artis idolanya tampil, sabar dalam antri beli tiket mau nonton conser K-Pop.. sabar bisa dibawa juga dalam perkara demikian.. itulah adab, berlaku untuk umum.

Apa itu Akhlak


Sedangkan akhlak adalah kemuliaan yang di dapatkan dari seseorang yang merupakan hasil dari ibadah yang benar kepada Allah SWT.. itukah akhlak, jadi kemuliaan itu muncul karena hasil ibadah, kejujuran, amanah dan tanggung jawab itu merupakan hasil ibadah kepada Allah..

Oleh sebab itu tidak selamanya sabar itu baik Ada sabar yang tidak baik, apa itu membiarkan kedzaliman dan kemaksiatan terjadi didepan mata kita.. itu sabar yang diharamkan.. tidak selamanya kekerasan itu tidak baik, kan biasa ada yang mengatakan kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah.

Ini keliru dalam Islam.. justru dalam Islam.. kekerasan itu jalan terakhir untuk menyelesaikan masalah.. contoh antum dijalan sama ibunya antum, ada yang mau rampok atau sakiti ibunya antum..

apa yang antum lakukan, mengiklashkannya, kan nda mungkin, harus melawan disitu.. samakan dulu Belanda masuk di sultanan Islam di Nusantara mau menjajah, apa sabar kaum muslimin.. nda mereka melawan, dengan apa? Apa dengan kelembutan dan kasih sayang... Bukanlah.. tentunya dgn kekerasan..nah inilah yang dimaksud dengan segala sikap-sikap yg baik yg lahir dari ibadah kepada Allah..

Jadi sebenarnya orang yang bertakwa itu identik dengan akhlak yg baik secara otomatis terbentuk adab yg baik dari dirinya, karena orang yang bertakwa adalah orang yang rajin beribadah kepada Allah.


Kalau ada orang yang bertakwa akhlaknya atau perilakunya nda baik.. berarti tatacara beribadahnya salah..

Dan juga keliru ketika mengatakan orang Jepang yg kafir karena amanah, jujur dan sabarnya dia lebih baik dari umat Islam.. ini salah bingiiiiiitttssssss... Bagaimana mungkin orang yang Allah sebutkan dalam surah Al bayyinah seburuk-buruknya makhluk kita mau katakan dia lebih baik.. justru segala apa yang dilakukan nya itu nggak berarti disisi Allah..surah An-Nur ayat 39 dan 40.

Seperti yang saya sampaikan tadi bahwa adab itu buah, buah dari apa, buah dari ketaatan kpd Allah..

Apakah Adab dan Akhlak Orang Tua bisa turun kepada Anaknya??


Memang benar ungkapan yang mengatakan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, kecuali kalau pohon itu ada dipinggir sungai, pasti buah akan jauh dari pohon ..

Jadi ini ungkapan bahwa anak sikapnya tidak jauh beda dari ortunya.. ya pasti lah bgitu karna orang tualah manusia pertama yang membentuk karakter anaknya.. oleh sebab itu anak bisa jadi penyebab ortunya masuk surga, bisa juga penyebab masuk neraka..

Kemudian ketika ada anak nakal suka maksiat.. apakah semuanya salah ortunya.. jawabannya tergantung.. tergantung dimana?

Tergantung kalau anaknya belum baligh maka ortunya bertanggung jawab sepenuhnya.. tapi kalau sdh baligh maka kita bertanggung jawab atas diri kita sendiri.. makanya gunakan akal kita sebaik baiknya untuk mendapatkan hidayah, masih ingat kisah bapak nya nabi Ibrahim itukan pembuat patung..asar namanya.. sikap nabi Ibrahim beda dengan bapak nya kan, kenapa karena nabi Ibrahim pakai akalnya.

Ingat kisah nabi Nuh, gimana anaknya mati tenggelam gara-gara nda mau naik ke perahu.. bedakan sikapnya, karena anak nabi Nuh tidak gunakan akalnya..

Itulah sedikit pembahasan mengenai adab dan akhlak dalam islam. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman...

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh...

Oleh: Ustadz Adriyanto

Baca juga:

Post a Comment for "Contoh Perbedaan Antara Adab dan Akhlak dalam pandangan Islam"